7 Destinasi Wisata Terpopuler di Jepara ( Part 1 )

Jepara merupakan salah satu daerah yang terkenal sebagai penghasil ukiran kayu berkualitas di Indonesia yang juga merupakan tempat kelahiran seorang pahlawan nasional Indonesia yaitu R.A. Kartini.

Tak hanya itu, Jepara juga terkenal memiliki banyak sekali objek wisata yang menarik untuk dikunjungi. Wisata yang ada di Jepara ini tidak hanya terkenal di kalangan Wisatawan lokal saja, tetap juga terkenal sampai ke mancanegara, salah satunya adalah Wisata Karimunjawa.

Wisata Karimunjawa ini merupakan destinasi wisata bahari terbaik dan paling memikat Jawa Tengah.

Selain Karimunjawa, Jepara masih memiliki objek wisata lain yang tentunya tak kalah menarik untuk dikunjungi. Berikut bebrapa Destinasi Wisata Terpopuler di Jepara yang bisa anda kunjungi.

1. Taman Nasional Karimunjawa

Taman Nasional Karimunjawa merupakan sebuah kepulauan yang memiliki luas area sekitar 107.225 ha dan terdiri dari 27 pulau. Taman Nasional Karimunjawa ini adalah destinasi Wisata paling populer di Indonesia yang sudah terkenal sampai ke mancanegara.

Taman Nasional Karimunjawa ini memiliki ekosistem hutan hujan daratan rendah, hutan pantai, hutan mangrove, padang lamun, algae, dan juga batu karang. Di wisata Karimunjawa anda juga bisa menikmati keindahan bawah laut yang sangat luar biasa.

Di Taman Karimunjawa ini terdapat banyak sekali biota laut yang bisa anda lihat saat melakukan snorkeling atau diving. Semua biota laut yang ada di Taman Nasional Karimunjawa ini adalah biota yang dilindungi.

2. Museum R.A. Kartini

Tidak jauh di sebelah alun-alun kota Jepara anda akan menjumpai sebuah museum tua yang sudah sangat terkenal di Indonesa yaitu museum R.A. Kartini. Museum ini merupakan sebuah tempat penyimpanan berbagai koleksi peninggalan R.A.Kartini.

Selain peninggalan dari R.A. Kartini, disini juga menyimpan peninggalan dari kakak kadungnya yakni Drs. RMP. Sosrokartono serta benda-benda peninggalan masa purba periode abad ke-7 di era Ratu Shima. Ratu Shimna sendiri merupaka penguasa kerajaan Kalingga yag berada di daerah Keling Kabupaten Jepara pada masa itu.

Di museum ini, anda juga bisa melihat kerangka ikan raksasa joo tuo yang memiliki panjang sekitar 16 meter dan lebar sekitar 2 meter serta dengan berat 6 ton. Ikan raksasa tersebut ditemukan di di Pulau Karimunjawa dalam keadaan sudah mati pada tahu 1998 silam.

3. Benteng Portugis

Benteng portugis merupakan salah satu cagar budaya di Jepara yang dilindungi. Benteng tersebut memiliki menawarkan panorama alam yang sangat menakjubkan dengan menyuguhkan pemandangan bukit, pantai, serta hamparan batuan sedimen yang mengagumkan.

Benteng portugis ini berlokasi di atas bukit batu dan berpossi di pinggir pantai. Pada masanya, benteng ini memiliki peranan yang sangat penting yaitu mengontrol jalur pelayaran kapal dari jepara menuju ke Indonesia bagian timur atau sebaliknya.

Itu tadi beberapa destinasi Wisata terpopuler di Jepara yang bisa anda kunjungi di Jepara. Untuk bisa mengetahui apa saja wisata terpopuler di Jepara lainnya, lanjutkan membaca di 7 Destinasi Wisata Terpopuler di Jepara ( Part 2 ).

Leave a Reply