web statistics

Macam-Macam Nama Kertas Untuk Layangan

Apakah anda suka sekali bermain layangan?.

Mungkin selama ini kita hanya menggunakan kertas payung sebagai bahan utama membuat layangan. Tapi tahukan kamu, ada banyak sekali jenis kertas yang bisa dibuat untuk layangan.
Apa sajakah nama-nama kertas untuk layangan tersebut? Silakan simak pembahasannya dibawah ini.

Nama Kertas Untuk Layangan

nama kertas layangan

Berikut adalah berbagai nama-nama kertas untuk layangan beserta jenis dan penjelasannya. Silakan simak baik-baik ya.

*. Kertas HVS bisa dijadikan bahan baku layanan asalkan berukuran besar, jika kertas HVS yang dimiliki berukuran kecil, mungkin anda harus menyambung nyambungkan kertas tersebut dengan lem sebelumnya.

Hal ini bertujuan agar ukuran kertas yang dipasang sesuai dengan ukuran kerangka layangan yang telah anda buat sebelumnya. Kertas HVS ini juga cocok untuk diwarnai. Anda bebas membentuk corak yang unik untuk membuat layangan anda lebih cantik.

*. Kertas Folio bergaris sebenarnya tidak diperuntukkan untuk membuat layangan, tapi kertas ini bisa diaplikasikan unuk membuat layangan karena termasuk kertas dengan bobot yang ringan, terlebih tentunya garis garis tipis pada kertas ini akan menjadi keindahan tersendiri bagi anda yang membuatnya.

*. Koran yang agak tebal, Nama kertas untuk layangan selanjutnya adalah kertas koran agak tebal. Koran juga bisa digunakan untuk bahan baku pembuatan layangan, jangan dikira, kertas koran ini memiliki tekstur yang kuat, hanya saja agak rentan kalau terkena air.

Banyak produsen layangan yang menggunakan bahan baku kertas koran. Selain efisien karena murah, kertas koran ini juga sangat mudah untuk didapatkan, ukurannya yang besar akan memudahkan anda untuk membentuk dan melakukan pemotongan.

*. Kertas wajik bandung yang biasanya digunakan untuk membungkus wajik itu seringkali digunakan untuk bahan baku pembuatan layangan. Hal ini dikarenakan kertas wajik memiliki tekstur yang elastis dan tidak mudah sobek. Selain itu, kertas wajik juga tidak rentan terhadap air. Kertas ini seperti memiliki lapisan plastik di atasnya.

Hal ini tentunya menguntungkan bagi para pengrajin layangan karena akan lebih memudahkan dalam proses pembuantannya. Terlebih kertas wajik ini biasanya berukuran besar dan sangat mudah untuk didapatkan dengan harga yang relatif murah.

*. Kertas koran merupakan nama kertas untuk layangan yang seringkali digunakan sebagai alternatif pembuatan layangan. Selain mudah didapat dan harganya murah, kualitas kertas ini sangat mendukung untuk dijadikan bahan baku pembuatan layangan karena terdiri dari serat-serat kertas yang kuat dan tidak mudah sobek. Kertas ini juga berukuran lebar sehingga memudahkan dalam proses pemotongan dan pembentukan.

*. Kertas kado biasa juga bisa digunakan sebagai bahan baku pembuatan layangan. Kertas ini sangat mudah di aplikasikan karena ukurannya yang besar. Selain itu corak yang tersedia pada kertas kado yang bermacam-macam sangat menguntungkan pembuat layangan karena tidak perlu memberikan warna lagi.

*. Buku bekas adalah solusi untuk anda yang ingin menggunakan bahan yang ada dirumah untuk membuat layangan. Sebelumnya anda harus menempelkan beberapa kertas buku bekas dengan lem dikarenakan kertas buku bekas yang rata-rata ukurannya kecil.

Setelah dirasa cukup ukurannya baru anda bisa mengaplikasikan kertas bekas ini ke kerangka layangan anda. Kertas dari buku bekas memiliki bobot yang ringan sehingga akan sangat mudah untuk diterbangkan meski dengan intensitas angin yang kecil.

*. Kertas bekas amplop lamaran juga bisa digunakan sebagai bahan baku pembuatan layangan. Daripada kertas ini dibuang atau dibakar, akan lebih efektif jika kerta bekas amplop lamaran ini digunakan untuk pembuatan layangan. Selain berukuran lebar, kertas bekas amplop lamaran ini memiliki tekstur kertas yang kuat sehingga tidak mudah sobek saat diterbangkan dalam intensitas angin yang tinggi.

*. Kertas kado tebal juga bisa digunakan sebagai bahan baku pembuatan layangan. Hal ini dikarenakan kertas kado memiliki tekstur yang sangat elastis dan tersedia dalam banyak varian warna yang membuat anda lebih mudah dalam melakukan desain layangan yang dibuat.

Dengan penggunaan kertas kado ini, anda tentunya bisa memaksimalkan barang barang sudah tidak terpakai dan seharusnya dibuang menjadi barang yang lebih bermanfaat dan menyenangkan.

*. Kertas minyak lebih banyak digunakan untuk merakit layangan, rata-rata kertas ini juga sangat gampang didapatkan di warung terdekat rumah anda. Kertas ini sangat mudah untuk di aplikasikan ke kerangka layangan anda dan mudah untuk diterbangkan, namun sayangnya kertas jenis ini menyerap air sehingga mudah rusak dan sobek.

*. Kertas tissu kraft juga bisa digunakan sebagai bahan nama kertas untuk layangan, akan tetapi karena teksturnya yang sangat tipis dan mudah robek, rata-rata kertas jenis ini hanya digunakan sebagai penghias layangan seperti ekor panjang atau rumbai-rumbai di segala sisi layangan anda. Karena bentuknya yang sangat elastis akan terkesan sangat menarik saat berada di atas. Rumbai-rumbai ini pasti akan sangat menarik perhatian.

*. Kertas payung adalah kertas yang paling lumrah digunakan sebagai bahan baku pembuatan layang layang. Selain karena teksturnya yang elastis dan tidak mudah robek, kertas wajik ini juga memiliki warna yang beragam. Anda bisa mengkombinasikan beberapa warna kertas payung yang berbeda untuk mendapatkan rupa layang layang yang lebih menarik.

*. Kertas Wajik tebal adalah kertas yang sangat cocok untuk dijadikan bahan baku layangan dan sangat mudah untuk diaplikasikan karena kertas ini sangat lebar. Hal ini tentu memudahkan pada saat proses desain dan pemotongan. Kertas wajik juga memiliki kontur yang licin dan agak mengkilap sehingga akan terlihat bagus saat diterbangkan.

*. Kertas minyak terkadang disamakan dengan kertas wajik, padahal sebenarnya berbeda, kertas minya ini adalah salah satu nama kertas untuk layanan yang seding digunakan sebagai bahan baku pembuatan layangan.

Sebenarnya kertas ini dipergunakan untuk membungkus nasi atau masakan, tapi karena memang sangat cocok untuk dijadikan bahan baku pembuatan layang layang, banyak pengrajin yang menggunakan kertas ini sebagai bahan baku.

*. Kertas koran tebal merupakan salah satu kertas yang mudah untuk dijadikan bahan utama pembuatan layang layang. Kertas ini sangat cocok karena memiliki serat serat kertas yang kuat dan tidak mudah robek meski tekanan angin di udara sangat tinggi.

Sayangnya kertas ini sangat rentan terhadap air sehingga anda harus cepat cepat menurunkannya saat hujan hendak turun. Jika dipaksakan, kertas koran yang dijadikan bahan layangan ini akan mudah sobek.

Dari berbagai macam nama kertas yang bisa dipakai untuk bikin layangan diatas, manakah yang paling anda sukai.
Kalo saya sendiri lebih mudah menggunakan kertas wajik yang berwarna warni ada hijau, kuning, merah itu. Selain bisa digunakan sebagai sampul buku, juga sangat cocok untuk layangan. Tertarik untuk mencoba.

Leave a Reply